Jumlah Sekolah Pendaftar SNMPTN 2013 Naik 200 Persen

Jumlah sekolah yang mendaftar siswanya mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 mengalami kenaikan hampir dua kali lipat. Pada tahun lalu jumlah sekolah yang mendaftar sebanyak 7.713.  “Tahun ini jumlah sekolah yang mendaftar mencapai di atas 13 ribu,” kata Humas Panitia SNMPTN Bambang Hermanto di Kemdikbud, Jumat (1/03/2013).

Bambang mengatakan, kenaikan ini disebabkan kebijakan panitia SNMPTN, yang membebaskan pungutan uang pendaftaran. Selain itu, kata dia, juga karena tidak ada lagi batasan akreditasi sekolah yang mendaftar. “Pertama karena gratis, kedua sekarang tidak ada lagi pembatasan. Siapapun bisa mendaftar tanpa takut rugi kehilangan uang,” katanya.

Seperti diketahui pada tahun lalu ada batasan akreditasi sekolah yang boleh mendaftar SNMPTN. Batasannya yaitu sekolah berakreditasi A 50 persen, B (30 persen),C (15 persen), dan tidak terakreditasi 5 persen.

Bambang mengatakan, perubahan kebijakan ini atas masukan dari masyarakat. Menurut dia, siswa yang memiliki ranking tinggi di kelas akan memilih jurusan favorit seperti kedokteran, arsitektur, dan ekonomi. Namun, sebagian siswa ada yang memilih jurusan lain yang dianggap kurang favorit. “Sesungguhnya semua prodi favorit, tergantung kita-nya,” katanya.

Pendaftaran SNMPTN bagi siswa masih tersisa tujuh hari lagi. Pendaftaran ditutup pada 8 Maret 2013. Mulai tahun ini, SNMPTN  yang akan diikuti 61 perguruan tinggi negeri (PTN) tidak membuka jalur ujian tulis, tetapi hanya jalur undangan.

Selain SNMPTN, pola seleksi masuk PTN melalui Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri (SM). Ada 62 PTN terlibat SBMPTN termasuk IAIN Walisongo Semarang, tetapi tidak semua perguruan tinggi melakukan seleksi mandiri.


jumlah pendaftar ugm 2013. jumlah pendaftar snmptn 2013 unila.

Terkait Jumlah Sekolah Pendaftar SNMPTN 2013 Naik 200 Persen

Jumlah Sekolah Pendaftar SNMPTN 2013 Naik 200 Persen Reviewed by PendidikanSekolah.Info Rating: 4.9