SMK di Temanggung Akan Masukkan Mulok Tentang Perkeretaapian

Sejumlah sekolah menengah kejuruan (SMK) di Temanggung, Jawa Tengah, akan memasukkan muatan lokal tentang perkeretaapian untuk mendukung ketersediaan tenaga kerja bidang transportasi tersebut.

“Kami berharap dengan memasukkan mulok perkeretaapian di SMK ini akan menambah ilmu pengetahuan perkeretaapian bagi para siswa SMK,” kata Direktur Sarana Perkeretaapian Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Arif Heriyanto, di Temanggung, Jumat (22/3/2013).

Ia mengatakan hal tersebut seusai pemaparan tentang arah kebijakan dan peran perkeretaapian nasional di ruang Loka Bhakti Praja kompleks Setda Temanggung.

Berdasarkan pengembangan perkeretaapian hingga 2030, bidang transportasi ini membutuhkan sumber daya manusia sebanyak 78.740 orang untuk SDM operator dan 1.720 orang untuk SDM regulator.

Arif menuturkan, ilmu perkeretaapian memang agak spesifik, misalnya tentang persinyalan yang selama ini belum ada pendidikannya. “Usul untuk memasukkan mulok perkeretaapian ini datang dari Pemkab Temanggung, dan kami akan mendukung dengan silabus dan materinya. Mulok perkeretaapian ini baru pertama kali akan dilaksanakan di Temanggung,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Temanggung Eddy Winarso mengatakan, mulok perkeretaapian ini akan dimasukkan materi pelajaran di SMK karena bidang perkeretaapian akan membutuhkan tenaga kerja cukup banyak.

“Kebutuhan akan tenaga kerja bidang perkeretaapian ini kami respon. Sejumlah SMK yang ada kaitannya atau signifikan dengan kegiatan perkeretaapian kami dorong untuk dapat memberikan lulusan guna mencukupi kebutuhan tenaga kerja perkeretaapian tersebut,” katanya.

Ia menuturkan, pada 2012 Temanggung sudah mencanangkan sebagai kabupaten vokasi. “Bidang perkeretaapian ini salah satu peluang yang harus ditangkap sebagai kabupaten vokasi sehingga lulusan SMK bisa langsung bekerja,” katanya.

Ia menyebutkan, mulok perkeretaapian ini akan dilaksanakan di tujuh SMK di Temanggung, yakni SMK Negeri Jumo, SMK Negeri Tembarak, SMK Ganesha, SMK Muhammadiyah, SMK Dokter Soetomo, SMK Bambang Sugeng, dan SMK Bhumi Phala.

“Kurikulumnya baru didesain di Departemen Perhubungan. Kami berharap tahun ini mulok perkeretaapian bisa diterapkan pada jurusan mesin dan kelistrikan di sekolah tersebut.”

Terkait SMK di Temanggung Akan Masukkan Mulok Tentang Perkeretaapian

SMK di Temanggung Akan Masukkan Mulok Tentang Perkeretaapian Reviewed by PendidikanSekolah.Info Rating: 4.8